Kamis, 12 Januari 2023

MAKALAH DESAIN PRODUK

 

MAKALAH

DESAIN PRODUK

 

DISUSUN OLEH

Ketua Kelompok : M.SHODIQ RASIAD

1.      Ocha Clarasyah

2.      Mutiara putri Lestari

3.      Naufal adib Ramadhan

4.      M zaki

5.      Nova rahma aulia

6.      Zaki Naufal

7.      Rifki alhadi

8.      Nadilla aisyawa

 

SMK NEGERI 3

KOTA BENGKULU

2022

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGATAR           

DAFTAR ISI

BAB I PENDUHULUAN

A.    Latar Belakang.....................................................................                      

B.     Pengertian desain produk………………………………...

C.    Maksud dan tujuan desain produk………………………

D.    Fungsi desain produk………………………………………

E.     Kemasan produk……………………………………………….

F.     Fungsi kemasan produk…………………………………..

G.    Tujuan kemasan roduk……………………………………

DAFTAR PUSTAKA         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada kami berupa makalah dengan judul “DISAIN PRODUK

Dalam penyusunan makalah ini kami yakin masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami mengharap kepada para pendidik khususnya dan para pembaca umumnya untuk memberikan saran dan kritik, dalam rangka penyempurnaan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hanya kepada Allah SWT kami memohon semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

 

 

 

 

 

                                                                                                            Bengkulu, 12 Januari 2023

 

 

 

 

 

                                                                                                                              Penulis

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada kami berupa makalah dengan judul “DISAIN PRODUK

Dalam penyusunan makalah ini kami yakin masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami mengharap kepada para pendidik khususnya dan para pembaca umumnya untuk memberikan saran dan kritik, dalam rangka penyempurnaan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hanya kepada Allah SWT kami memohon semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

 

 

 

 

 

                                                                                                            Bengkulu, 12 Januari 2023

 

 

 

 

 

                                                                                                                              Penulis

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.        Latar Belakang Masalah

 sangat diperlukan untuk menghasilkan suatu produk yang memiliki kualitas yang dapat memenuhi standar dan spesifikasi produk yang diinginkan. Pada aplikasinya, desain produk adalah suatu faktor penentu yang signifikan, kurang sempurnanya suatu hasil produk dapat disebabkab oleh desain yang kurang memenuhi spesifikasi perancangannya. Namun dengan adanya perancangan dan desain maka kekurangan yang terdapat pada suatu produk akan dapat disimulasikan dan dianalisa dapat dimodifikasi dari gambar atau desain dari produk tersebut sebelum produk diproses. Semua proses manufaktur diawali dari suatu perancangan atau desain produk. Termasuk proses pengecoran yang memiliki beberapa tahapan dalam perancangan dan desain produknya. 


 

 

 

 

 

PEMBAHASAN

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan konsep desain produk kreatif
2. Menganalisis alur dan proses kerja pembuatan prototype/model produk
Kreatif
3. Menganalisis proses kerja prototype/model produk kreatif
4. Membuat desain (rancangan) produk kreatif
5. Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype/model produk kreatif
6. Membuat prototype/ model produk kreatif
7. Membuat kemasan dan merek (brand) produk kreati

 

B.PENGERTIAN DISAIN PRODUK

                       Desain Produk merupakan terjemahan dari Industrial Design. Desain produk
bisa disebut juga dengan desain kemasan yaitu sebuah ide, Pengembangan konsep,
Pengujian, dan Pelaksanaan manufaktur atau jasa.
Desain Produk adalah sebagai alat manajemen untuk menterjemahkan hasil
kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi
rancangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba.
Pengertian desain dikemukakan oleh W. J Stanton (1981), yang telah
diterjemahkan oleh DR. Buchori Alma dalam bukunya manajemen pemasaran
dan pemasaran jasa, yaitu : "Yang dikatakan produk adalah seperangkat atribut
baik berwujud maupun tidak berwujud, Termasuk didalamnya masalah warna,
Harga nama baik perusahaan, Nama baik toko yang menjual, dan pelayanan pabrik
serta pelayanan pengencer yang diterima pembeli guna memuaskan keinginan."

C.MAKSUD DAN TUJUAN DESAIN PRODUK

Desain produk mempunyai maksud dan tujuan untuk membantu
perusahaan dalam menciptakan dan mengembangkan produk baru atau untuk
menjamin hasil produksi yang sesuai dengan keinginan pelanggan.
Manfaat dari desain produk antara lain:
1) Menghindari kegagalan - kegagalan yang mungkin terjadi dalam pembuatan
suatu produk
2) Memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan produk
3) Menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat
4) Menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat
5) Mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan
atau masih perlu perbaikan kembali
Tujuan desain produk antara lain:
a. Sebagai identitas/merk dari suatu produk;
b. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunya nilai jual
yang tinggi;
c. Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya
;

             D. Untuk membuat produk dengan biaya seminimal mungkin dalam penggunaan
bahan baku dan biaya - biaya dengan tanpa mengurangi nilai jual produk
tersebut

 

D.FUNGSI DESAIN PRODUK

Sedangkan fungsi dari desain produk adalah:
- Indentitas dari produk itu sendiri,
- Sebagai pelindung produk, dan
- Penambah nilai jual produk.

E.KEMASAN PRODUK

       Kemasan merupakan desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur,
material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi
produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungkus,
melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan
membedakan sebuah produk di pasar .
       Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membangun ekuitas merek
dan mendorong penjualan. Kemasan sebagai bagian pertama produk yang
dihadapi pembeli dan mampu menarik atau menyingkirkan pembeli. Pengemasan
suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen untuk dapat merebut minat
konsumen terhadap pembelian barang. Produsen berusaha memberikan kesan
yang baik pada kemasan produknya dan menciptakan model kemasan baru yang
berbeda dengan produsen lain yang memproduksi produk-produk sejenis dalam
pasar yang sama.


F. Fungsi Kemasan Produk


Perusahaan sangat memperhatikan pembungkus suatu barang sebab
mereka menganggap bahwa fungsi kemasan tidak hanya sebagai pembungkus,
tetapi jauh lebih luas dari pada itu. Simamora (2007) mengemukakan pengemasan
mempunyai dua fungsi yaitu:
a. Fungsi Protektif
Berkenaan dengan proteksi produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi,
dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan. Dengan

pengemasan protektif, para konsumen tidak perlu harus menanggung risiko
pembelian produk rusak atau cacat.
b. Fungsi Promosional
Peran kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk. Namun
kemasan juga digunakan sebagai sarana promosional. Menyangkut promosi,
perusahaan mempertimbangkan preferensi konsumen menyangkut warna,
ukuran, dan penampilan.
Selain berfungsi sebagai media pemasaran, kemasan juga memiliki beberapa
fungsi lain, yaitu sebagai berikut:


1) Pelindung produk.
Salah satu fungsi dasar kemasan adalah untuk mengurangi
terjadinya kehancuran, busuk, atau kehilangan melalui pencurian
atau kesalahan penempatan.


2) Memperkuat citra produk.
Kemasan memberikan cara yang menarik untuk menarik perhatian
kepada sebuah produk.


3) Kombinasi dari keduanya, marketing dan Logistik dimana kemasan
menjual produk dengan menarik perhatian dan
mengkomunikasikannya.


G. Tujuan Kemasan Produk


Menurut Louw dan Kimber (2007), tujuan dari kemasan dan pelabelan kemasan
antara lain:
1) Physical Production. Melindungi objek dari suhu, getaran, guncangan,
tekanan dan sebagainya.
2) Barrier Protection. Melindungi dari hambatan oksigen uap air, debu, dan
sebagainya.
3) Containment or Agglomeration. Benda-benda kecil biasanya dikelompokkan
bersama dalam satu paket untuk efisiensi transportasi dan penanganan.
4) Information Transmission. Informasi tentang cara menggunakan
transportasi, daur ulang, atau membuang paket produk yang sering terdapat
pada kemasan atau label.
5) Reducing Theft. Kemasan yang tidak dapat ditutup kembali atau akan rusak
secara fisik (menunjukkan tanda-tanda pembukaan) sangat membantu dalam
pencegahan pencurian. Paket juga termasuk memberikan kesempatan sebagai
perangkat anti-pencurian.
6) Convenience. Fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi,
penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan
dan digunakan kembali.
7) Marketing. Kemasan dan label dapat digunakan oleh pemasar untuk
mendorong calon pembeli untuk membeli produk.
    

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Tutorial cara membangun jaringan 1.Sebelum mengkonfigurasi access point isi lah terlebih dahulu Ipv4 di control panel. IP 192.168.0.2 ...